Kegunaan Vitamin A Pada Susu ASI Untuk Bayi

WortelVitamin A sangat penting bagi tubuh.  Vitamin ini salah satu kegunaan adalah baik untuk kesehatan mata. Selain itu kecukupan Vitamin A dapat meingkatkan fungsi kekebalan tubuh, dan kesehatan kulit. Kekurangan vitamin A dapat menyebakan kebutaan dan peningkatan infeksi virus. Kebanyakan problem utama dinegara berkembang adalah kekurangan vitamin A sehingga banyak menyebabkan kebutaan pada anak/bayi. Tetapi kelebihan mengkonsumsi Vitamin A dapat menyebabkan penyakit kuning, mual, kehilangan nafsu makan, lekas marah, muntah dan bahkan kerontokan rambut. Konsumsi yang dianjurkan untuk mengkonsumsi Vitamin A adalah sebesar 5000 IU (Internasioanl Unit). Salah satu sayuran yang mengandung vitamin A adalah wortel. Namun pembahasan kali ini lebih memfokuskan pada ASI sebagai Pemenuhan Vitamin A untuk bayi baru lahir.

Susu Asi adalah sumber energi yang higienis, nutrisi yang esensi, air, faktor imun (kekebalan tubuh), dan masih ada beberapa komponen yang membawa kebaikan untuk balita. Sebelum program penyebaran kapsul Vitamin A dalam beberapa tahun ini, WHO memperkirakan lebih dari 250 juta anak usia 5 tahun mendapat resiko kekurangan Vitamin A –http://rehydrate.org

Atas dasar ini ada beberapa rekomendasi untuk bayi baru lahir, yaitu :
1. 0 – 6 bulan, melakukan penyusuan sekitar 1 jam sejak kelahiran dan pemberian susu ASI eksklusif selama 6 bulan lamanya. Pemberian ASI secara teratur memberi kebutuhan susu ASI dan Vitamin A.
2. 6 – 24 bulan, pemberian ASI yang berkelanjutan atau pemberian ketika bayi meminta dapat secara bertahap memperkenalkan kebersihan, kaya nutrisi makanan pendamping diawal permulaan 6 bulan pertama. Memberikan ASI ketika bayi sedang sakit dan setelah sakit dapat memberikan terapi meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bayi mampu dan lebih kuat untuk menahan penyakit.
Sementara ibu mendapatkan sumber vitamin A lebih banyak memakan sayuran dan buah-buahan. Hal ini dapat dilakukan ketika masa kehamilan, namun dimasa pasca melahirkan ibu dianjurkan untuk meningkatkan makanan yang bergizi dan mengandung vitamin A lebih banyak dibandingkan semasa kehamilan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s