Vitamin D Pencegah Rakhitis Pada Bayi

sunMatahari pagi adalah sumber vitamin D yang berlimpah. Namun sayangnya masih banyak bayi kekurangan terutama di negara non tropis. Untuk di negara Indonesia sendiri sangat berlimpah karenanya kebutuhan Vitamin D cukup terpenuhi.
Vitamin D dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pengembangan tulang. Vitamin ini membantu penyerapan Kalsium.  Kekurangan Vitamin D menyebabkan Penyakit Rakhitis. Selain itu defisiensi vitamin ini berhubungan dengan penyakit osteoporosis,  penyakit jantung dan diabetes.
Bayi yang masih terdapat dikandungan juga membutuhkan vitamin ini.  Pada saat kehamilan dianjurkan untuk ibu hamil membutuhkan pasokan vitamin D. Jika terjadi kekurangan Vitamin D, besar kemungkinan bayi yang berada dikandungan berkembang penyakit Neonatal Hypocalcaemia ( penyakit kekurangan Kalsium di darah) atau menyebabkan penyakit rakhitis dikemudian hari setelah melahirkan.

Ketika matahari bersinar -khususnya sinar UVB – dipagi hari (sebelum jam 10 pagi) menyinari kulit kita, maka tubuh memproses dan membuat Vitamin D. Kita mendapat sekitar 80% Vitamin D melalui cara ini.

Kebanyakan bayi kurang cukup mendapat vitamin D walaupun dari sumber makanan. Oleh sebab itu lebih baik dan murah mendapatkan suplemen Vitamin D dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi. Untuk makanan yang mempunyai kaya sumber Vitamin D adalah ikan Salmon Laut Utara, ikan Herring dan ikan Mackerel. Selain itu produk makanan bayi yang berformula (susu maupun makanan padat lainnya) sudah mengandung vitamin D.
Untuk mengetahui tanda-tanda kekurangan Vitamin D adalah Rakhitis (bentuk tulang yang bengkok terutama bagian kaki), kemunduran perkembangan motorik, kesakitan pada otot-otot, dan mudah patah tulang. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, anda dapat memeriksa di Dokter Umum untuk melakukan tes darah. Dilakukan jika anda khawatir anak anda kekurangan vitamin D. Tes Darah merupakan cara terbaik untuk memeriksa kandungan Vitamin D.

Diingatkan untuk menyinari/menjemur bayi anda sebelum jam 10 pagi. Karena waktu yang terbaik untuk memproses pertumbuhan. Karena jika lewat dari jam tersebut dapat menyebabkan iritasi kulit karena terbakar sinar matahari, bahkan dapat menyebabkan kanker kulit jika dilakukan berlebihan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s