SUSU ASI ATAU SUSU FORMULA ?

motherMenyusui merupakan kegiatan memberi susu ASI untuk bayi yang baru lahir. Dimasa-masa dahulu banyak ibu yang memberikan ASI eksklusif. Namun seiring perkembangan jaman, ada sebagian ibu yang bekerja sehingga tak sedikit bayi mendapatkan susu selain ASI, ditambah kemajuan teknologi yang dapat menciptakan susu formula untuk bayi mempermudah bunda untuk mengganti susu ASI menjadi susu formula. Tidak menjadi masalah jika memang ini dilakukan oleh bunda karena kandungan vitamin dan mineral serta gizi seimbang yang terkandung dalam susu formula cukup memenuhi kebutuhan bayi. Namun banyak Dokter dan Ahli Gizi yang merekomendasikan lebih mengutamakan susu ASI eksklusif hingga 6 bulan lamanya, apalagi pemberiannya hingga 2 tahun semenjak bayi dilahirkan.

Meskipun kandungan susu formula telah disusun kandungan gizinya seperti ASI, akan tetapi kandungan ASI telah didesain secara alami untuk sesuai kebutuhan bayi. Hal ini sama seperti bayi diberikan makan ketika berada di dalam kandungan rahim si bunda. ASI juga dikenal dengan sebutan “Perfect Food” untuk bayi karena susunan kandungan laktosa, protein (whey dan casein), dan lemak pada ASI sangat mudah dicerna oleh sistem pencernaan bayi yang baru lahir. Belum lagi sebagian bayi yang sulit mencerna susu formula bahkan menyebabkan alergi susu, diare atau konstipasi (sembelit). Satu keunggulan dari ASI adalah gratis, murah dan mudah didapatkan si bayi sementara susu formula harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal dan kecenderungan akan meningkatnya harga susu formula tiap bulan atau tahun.

Beberapa keuntungan dari pemberian susu ASI adalah meningkatkan kekebalan tubuh yang tidak bisa digantikan oleh susu formula. Kekebalan tubuh meningkat maka membantu bayi mengurangi kondisi infeksi telinga, diare, infeksi pernafasan, meningitis. Bahkan menyusui ASI dapat memberikan perlindungan bagi bayi yang lahir prematur yang dapat menlindungi dari alergi, asma, diabetes, kegemukan dan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).

Ibu yang menyusui sangat dianjurkan menjaga asupan makanan untuk dirinya mengingat apa yang dimakan akan diberikan juga kepada bayi melalui susu ASI. Ini juga menjaga kesehatan bunda agar tidak terkena penyakit yang dapat menularkan bayi anda.

Keuntungan pemberian ASI memang tidak dapat tergantikan. Adapun jika harus menggunakan susu formula secara prioritas, sang bunda dapat menggunakan susu formula jikalau memang tahap awal ada beberapa wanita masih sulit keluar susu ASInya atau faktor dari tubuh yang menyebabkan sulit untuk keluar susu ASI. Untuk kasus seperti ini lebih baik berkonsultasi dengan dokter anda. Adapun jika si bunda yang sehat, cepat dan mampu mengeluarkan susu ASI lebih awal, ada baiknya menjadikan prioritas pemberian susu ASI eksklusif. Bagi wanita yang bekerja dapat pula membuat persediaan susu ASI ke dalam botol cadangan bagi yang disimpan di lemari pendingin. Ini dapat dilakukan sebelum berangkat bekerja, tapi faktor kedekatan bayi dan ibu yang dipeluk sambil menyusui adalah hal tak tergantikan untuk si bayi selain pemberian susu juga memberikan rasa aman, nyaman di pelukan sang bunda.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s