Thiamine si Vitamin B1

Vitamin B1 merupakan salah satu unsur penting vitamin B. Banyak Macam Vitamin B, salah satu yang akan dibahas secara umum saja adalah Vitamin B1.

Vitamin ini biasa dikenal dengan sebutan Thiamine. Kontribusi terbesar Thiamine adalah memproduksi sel darah merah dan bertanggung jawab menciptakan energi untuk manusia bekerja normal dan produktif. Selain itu unsur Thiamine berperan sangat vital agar otak dapat bekerja normal. Kekurangan atau defisiensi vitamin B1 dapat menyebabkan penyakit beri-beri, yang mempengaruhi sistem saraf tepi dan sistem kardiovaskular, sehingga menyebabkan sindrom Wernicke-Korsakoff.

Vitamin B1 mudah larut kke dalam air sehingga mudah terserap kedalam tubuh.  Energi yang dihasilkan Thiamine membantu memproduksi formasi darah dan metabolisme karbohidrat. Metabolisme karbohidrat mengatur nafsu makan, penting dalam sistem saraf dan pertumbuhan. Tanda kekurangan biasanya mudah lelah, depresi, pengurangan fungsi mental, kram otot, pembesaran hati, dan beri-beri.

Sumber vitamin B1 berasal dari Kentang rebus, hati/ginjal sapi, tepung, gandum, kacang-kacang, Jus Jeruk (Dried Orange), Jeruk, Kerang, Beras, Berbagai jenis produk dari gandum. Sedangkan untuk rekomendasi asupan vitamin B1, yaitu :
1. Pria : 1.2mg
2. Wanita : 1.1mg
3. Wanita Hamil : 1.4mg
4. Wanita masa menyusui (Laktasi) : 1.5mg (untuk bayi didapatkan selama menyusui ASI eksklusif)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s