ISPA Mudah Menjangkit Si Buah Hati

some_text

Kereta Bayi
mall bayi menjual perlengkapan bayi online
Mainan Bayi
mall bayi menjual perlengkapan bayi online
Baju Bayi
mall bayi menjual perlengkapan bayi online

Baby Art -PicasaWeb-                             By : Amit Kumar Choudhary

ISPA Atau dikenal dengan Infeksi Saluran Pernapasan Akut adalah penyakit infeksi akut yang menyerang organ dipernapasan seperti hidung, sinus, faring atau laring. Penyakit ini  disebabkan oleh virus, bakteri dan jamur. Namun ISPA mudah menyerang balita, karena kekebalan tubuh yang masih tahap perkembangan.  

Kebanyakan bentuk ISPA lebih dijumpai penyakit influenza (flu) dan pilek. Ada perbedaan pada kedua penyakit ini. Dimana penyakit pilek disebabkan virus yang tergolong lebih dari 200 jenis virus. Sedangkan penyakit influensa disebabkan beberapa jenis virus (RhinoViruses dan CoronaViruses).  Biasanya gejala pilek ditandai ringan antara lain demam ringan, hidung tersumbat atau meler (ada cairan hidung berwarna kuning kehijauan), batuk, bersin, kelelahan, sakit kepala dan mata berair.

Gejala Flu (Influensa) muncul dengan gejala berat dan tingkat infeksi lebih serius, mencakup mual, menggigil dan berkeringat, batuk kering yang sering dan intens, nyeri otot, demam sampai 39 derajat celcius serta kehilangan nafsu makan. Meski ada ciri khas yang berbeda, tetapi gejala pilek dan flu sangat mirip sehingga sulit untuk membedakan keduanya hanya berdasarkan gejalanya. Dibutuhkan tes khusus untuk mendeteksi penyakit flu khususnya, jenis-jenis flu tertentu yang berbahaya seperti flu burung (H5N1) dan flu babi (H1N1).

ISPA ini sering menyerang balita pada saat musim hujan dan pergantian musim untuk didaerah negara tropis seperti Indonesia. Penyebaran biasanya melalui kontak udara dan kontak langsung. Pada anak balita ditandai dengan susah tidur, sakit kepala, hidung meler atau tersumbat, terkadang muntah dan diare disertai demam.

Penyembuhan pilek atau flu sebenarnya tidak ada obatnya kecuali untuk kasus tertentu seperti flu burung (H5N1) dan flu babi (H1N1). Kebanyakan Pilek dapat dilawan dengan sistem imun tubuh. Dokter biasanya memberikan obat yang hanya meringankan gejala, tidak menyembuhkan. Sedangkan untuk penyakit flu (terutama flu berat) ada kemungkinan untuk diberikan pengobatan yang bersifat mengelola gejalanya sampai anda merasa lebih baik (-majalahkesehatan.com, Pilek dan Flu : Memang Beda?, 2011).

Dengan mengetahui gejala serta penyembuhan Pilek dan Flu (ISPA) anda dapat menyesuaikan tindakan apa yang harus diberikan sehingga menghindari kepanikan/kegelisahan bunda. Untuk pengobatan harus ditekankan perbedaan pengobatan orang dewasa dengan Anak-anak dan sebaiknya pemberian asupan gizi seimbang  dapat membantu mengurangi terkena ISPA. Masalah pemberian obat-obatan ada lebih baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum diberikan pengobatan kepada buah hati anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s