Asam Folat Si Vitamin B9 Untuk Bayi dan Ibu

Perlengkapan Bayi – Online Shop
Perlengkapan bayi – Kereta Bayi
Perlengkapan bayi – Mainan Bayi
Perlengkapan bayi – Baju Bayi
Pernah Mendengar Asam Folat. Zat ini termasuk salah satu Vitamin B. Merupakan vitamin yang mudah larut dalam air didalam tubuh manusia. Asam Folat sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sel.  Wanita yang mengkonsumsi suplemen asam Folat diawal kehamilan dapat mengurangi risiko anak mereka terkena autisme. Itu sebabnya kita sering mendengar saran bahwa ibu dimasa kehamilan harus mengkonsumsi asam folat yang cukup, untuk mencegah kelahiran bayi yang mengalami gangguan dan cacat pada sistem sarafnya.
Fungsi Asam Folat dikenal sebagai vitamin B9, penting untuk berbagai fungsi tubuh mulai dari biosintesis nukleotida untuk mensintesis DNA, perbaikan DNA dan metilasi DNA serta bertindak sebagai kofaktor dalam reaksi biologis yang melibatkan folat. Karena itu asam folat dikenal untuk melindungi saat pembentukan tulang belakang dan cacat  pada saraf. Penelitian terbaru lebih dari 8 ribu bayi lahir di Norwegia antara tahun 2002-2008, menunjukkan bahwa asam folat memungkinkan memberi perlindungan terhadap bayi atas gangguan Autism Spectrum Disorder (ASD).
Sejak tahun 1998 otoritas kesehatan Norwegia merekomendasikan bahwa semua wanita yang berencana untuk hamil, dianjurkan mengkonsumsi asam folat setiap hari sejak dari satu bulan sebelum kehamilan.
Dampak dari kekurangan asam folat adalah cacat pada janin dan gangguan kelahiran, selain itu menyebabkan akumulasi homosistein dimana tingkat homosistein yang tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung, menyebabkan perbaikan DNA terganggu dan ini bisa menyebabkan kanker.
Anjuran kebutuhan Asam Folat setiap harinya sebesar 400 mikrogram/hari. ini berlaku bagi anak-anak diatas usia 10 tahun serta orang dewasa baik pria maupun wanita. Untuk ibu hamil memerlukan tambahan asupan asam folat sebanyak 200 mikrogram per hari.
Sumber Asam Folat didapat dalam sayuran hijau, buah-buahan, hati, daging tanpa lemak, serealia utuh,biji-bijian, kacang-kacang dan jeruk. Asam Folat tergolong vitamin B yang larut dalam air dan cepat rusak bila terpapar suhu tinggi. Jadi dianjurkan untuk tidak memasak terlalu lama atau menyeduh dengan air yang sangat panas. Mengkonsumsi asam folat sebaiknya disertai dengan asupan vitamin C, B6 atau B12 untuk mengoptimalkan penyerapan dalam tubuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s